Press Release
From Different Perspectives
MODENA Masterpiece Retrofridge Transformasi Lemari Pendingin Menjadi Karya Seni
02 Agustus 2017

[Jakarta, 02 Agustus 2017] - Keindahan desain adalah salah satu kekuatan MODENA. Setiap tahun MODENA senantiasa meluncurkan produk home appliances edisi terbatas yang dirancang khusus bekerjasama dengan desainer dan maestro di bidangnya.

Pada tahun ini MODENA mempersembahkan “Masterpiece Retrofridge” – jajaran lemari pendingin seri Retro yang dijelma menjadi deretan karya seni koleksi terbatas. Seniman di balik kreasi Masterpiece Retrofridge ini merupakan nama-nama yang sudah tidak asing lagi dalam ranah seni rupa tanah air. Adalah melalui tangan terampil Hendra “Hehe” Harsono, Radi Arwinda dan Kemal Ezedine, lemari pendingin Retro MODENA diubah menjadi kanvas lukis sebagai wahana ekspresi dan kreasi seni.

“Kepekaan terhadap seni dapat diasah melalui karya yang diimbuhkan pada perangkat yang dekat dengan keseharian. Melalui Masterpiece Retrofridge, yang dilukis tangan oleh para seniman Indonesia, masyarakat tidak hanya didorong untuk memberikan apresiasi lebih tinggi terhadap hasil karya seni, tetapi juga seniman di baliknya,” papar Robert Widjaja, Direktur MODENA Indonesia.

Masterpiece Retrofridge terdiri atas tiga buah karya seniman dari tiga budaya yang berbeda. Hendra “Hehe” Harsono asal Yogyakarta, Radi Arwinda dari Jawa Barat, serta Kemal Ezedine yang bermukim di Pulau Dewata, Bali. Ketiganya mengeksplor media lemari pendingin Retro dengan masing-masing menggunakan gaya dan karakter lukisnya yang khas.

Adalah Hendra “Hehe” Harsono yang mengekspresikan pengamatan dan pengalamannya melalui torehan lukisan yang kaya akan warna. Karakter-karakter anomali yang dipaparkan pada kulkas Retro berwarna dasar krem menghadirkan nuansa yang menyenangkan. Merupakan tantangan tersendiri bagi seniman yang akrab dengan sebutan Hehe ini, untuk melukis pada medium kulkas MODENA. Teknik yang digunakan juga berbeda, termasuk teksturnya dengan cara pengerjaan yang memiliki perlakukan yang lebih spesifik. “Tantangan yang dihadapi dalam melukis Retro adalah memberikan nilai lebih bagi sebuah produk gaya hidup,” imbuh Hehe.

Berikutnya merupakan karya Radi Arwinda, yang bertajuk “Kulakineko”. Dari kulkas MODENA seri Retro yang berwarna royal blue, kemudian ditransformasikan menjadi lukisan dengan dominasi warna emas tanpa menyisakan warna asli dari lemari pendingin ini. Inspirasi karya berawal dari rumah, memadukan persinggungan tradisi budaya Cirebon dan kartun Jepang, seperti anime dan manga.

Kulakineko (Cool Lucky Neko) digambarkan sebagai sebuah teknologi mutakhir untuk menciptakan dan mengawetkan keberuntungan secara efektif dan ramah lingkungan. Apapun yang masuk ke dalam alat ini akan memiliki manfaat positif yang bertahan lama tanpa mereduksi potensi dan manfaat alaminya. Bentuknya yang elegan serta efisien dalam pemanfaatan energi listrik menjadi sebuah keputusan yang bijak bagi masyarakat modern dalam memilih perangkat teknologi. Berinteraksi dengan alat ini secara konsisten mampu meningkatkan kualitas kesehatan penggunanya hingga menjadi individu positif serta selalu meraih keberuntungan setiap saat.

Lukisan karya Kemal Ezedine pada Masterpiece Retrofridge memiliki gaya yang juga berbeda, dengan tema yang banyak diambil dari lukisan Wayang Kamasan. Karya lukis Kemal ini dibuat dengan mengeksplorasi tiga jenis garis – yaitu garis yang lebih tebal, medium dan tipis, menjadi visual yang dinamis dan menarik. Seniman ini menyebutkan bahwa pada saat sebuah produk memiliki nilai yang sangat baik, bukan tidak mungkin produk itu disandingkan dengan seni rupa. Dan hal ini dibuktikannya melalui karya Masterpiece Retrofridge dengan tajuk “Dedikasi”.

Ketiga karya seni dari tiga seniman dengan budaya yang berbeda ini sangat unik dan merupakan satu-satunya yang diproduksi. Seluruh koleksi Masterpiece Retrofridge yang diperkenalkan pada hari ini didonasikan demi tujuan pengembangan seni rupa Indonesia.

“Melihat besarnya antusiasme masyarakat, program Masterpiece Retrofridge akan terus dilanjutkan agar makin banyak orang dapat memiliki kesempatan untuk menikmati home appliance yang memiliki nilai seni,” tambah Robert.

Selama sepekan hingga tanggal 09 Agustus 2017, masyarakat dapat menikmati koleksi MODENA Masterpiece Retrofridge ini di MODENA Experience Center, Kuningan – Jakarta.